Pengertian Keyboar

Alat musik keyboard

      
Keyboard berasal dari kata key yang berarti kunci. Sedangkan board berarti papan. Keyboard artinya alat musik yang terdiri dari sekumpulan tuts pada sebuah bidang yang mirip papan (board).

      Namun pengertiannya secara umum sama seperti piano, namun keyboard tersebut memiliki kelebihan dalam hal suara yang dikeluarkan, dalam piano mungkin hanya suara akustik saja yang keluar, namun dari keyboard / organ tunggal ini hamper berbagai macam jenis suara music ada didalamnya, sehingga orang akan lebih tertarik bila menyanyikan sebuah lagu itu diiringi dengan alat music yang lengkap.

     Dalam dunia intertainment khususnya dunia music, Piano / Keyboard / Organ Tunggal merupakan salah satu alat music yang cukup menarik bagi para pencinta music, kenapa demikian? Karena dalam keyboard tersebut sudah tertera beberapa alat music yang lain seperti drums, gitar, bass dan lain – lain. Maka dari itu anda bisa bernyanyi dengan alat music yang lengkap tapi hanya menggunakan satu alat music yaitu keyboard.

      Nah berbicara masalah keyboard di kalangan masyarakat tentu sudah tidak asing lagi, bahkan di daerah pedesaan alat music ini sering digunakan untuk hiburan organ tunggal / Dangdut, dan sering digelar dalam acara pernikahan, khitanan, acara sekolah, hiburan pemuda dan lain sebagainya yang bersangkutan dengan acara hiburan pada umumnya.

Ciri-ciri alat musik keyboard:
- Umumnya memiliki tuts 5 oktaf., pada beberapa tipe dan merek tertentu ada yang lebih dari 5 oktaf.
- Pengoperasiannya harus menggunakan listrik.
- Memiliki berbagai macam suara mulai dari suara piano, flute, gitar, drum dan lain-lain.
- Dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan fitur-fitur seperti style (musik iringan), karaoke, fitur  untuk merekam dan lain-lain.

     Keyboard dimainkan dengan menggunakan sepuluh jari yang dimainkan pada tuts sesuai nada-nada di dalam lagu yang dimainkannya. Melodi lagu dimainkan dengan jari tangan kanan sementara chord untuk mengiringi lagu dimainkan dengan jari-jari tangan kiri.

     Organ tunggal atau keyboard pada masa sekarang ini sudah menjadi alat musik yang banyak digunakan orang dan sudah memasyarakat. Banyak tempat hiburan atau pada acara perayaan tertentu yang menggunakan keyboard sebagai alat musik utama untuk mengiringi penyanyi.

     Keyboard digemari banyak orang karena memliki keistimewaan salah satunya dapat menghasilkan berbagai jenis suara alat musik. Dengan bermain keyboard, dapat menghasilkan musik yang menyerupai grup band. Di Indonesia sering masyarakat menyebutnya sebagai organ tunggal. Sementara di Luar negeri alat musik keyboard disebut sebagai one man band.