Pengertian Musik Drum


Drum  adalah kelompok alat musik perkusi yang terdiri dari kulit yang direntangkan dan dipukul dengan tangan atau sebuah batang. Selain kulit, drum juga digunakan dari bahan lain, misalnya plastik. Drum terdapat di seluruh dunia dan memiliki banyak jenis, misalnya kendang, timpani, Bodhrán, Ashiko, snare drum, bass drum, tom-tom, beduk, dan lain-lain.

Dalam musik pop, rock, dan jazz, drums biasanya mengacu kepada drum kit atau drum set, yaitu sekelompok drum yang biasanya terdiri dari snare drum, tom-tom, bass drum, cymbal, hi-hat, dan kadang ditambah berbagai alat musik drum listrik. Orang yang memainkan drum set disebut "drummer".

Drum merupakan alat musik yang termasuk kedalam golongan perkusi. Atau secara teknis digolongkan dalam kategori membraphones. Apa itu membraphones? Adalah semua alat musik yang sumber suaranya dihasilkan oleh membran yang di beri tegangan, atau ditarik. Pada drum, setidaknya minimal terdiri dari satu buah membran atau lebih. Membran-membran ini biasa disebut sebagai Drum-head atau kulit drum. Pada umumnya, drumhead  di pasang di bagian atas dan bawah dari drum shell, dan menghasilkan bunyi ketika drum-head tersebut dipukul, baik menggunakan tangan atau tongkat pemukul yang biasa di sebut drum stick. Suara tersebut dihasilkan dari resonansi getaran pada drum-head, yang merupakan hasil dari tabrakan udara yang berada di dalam shell dengan dinding shell dan drum-head bagian bawah. Suara yang dihasilkan sangant bervariatif tergantung dari jenis drum-head yang digunakan, bahan shell yang digunakan, dan ukuran dari shell tersebut.
Drum merupakan alat musik tertua, dan digunakan di seluruh belahan dunia sejak ribuan tahun yang lalu. Mengikuti perkembangan jaman, drum telah berevolusi hingga seperti bentuk yang kita kenal sekarang.

Lihat sejarah, Bagian, Fungsi dan Belajar Drum disini